Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengolah Sampah dengan 4R Lengkap

Cara Mengolah Sampah dengan Benar
Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Apalagi di sekolah dasar perlu sekali di terapkan sebagai dasar bagi siswa dalam mengembangkan karakter siswanya. Apalagi sekarang banyak sekali sampah yang berserakan di mana-mana, oleh karena itu perlu adanya suatu bentuk kesadaran dan pengelolaan sampah. Sehingga sampah yang berada di lingkungan dapat bersih dan teratasi dengan tepat dan benar. Adapu cara mengolah sampah dilakukan dengn 4R (Reduce, Reuse, Recycle da Replace). Cara nya yaitu dengan :

Cara yang pertama yaitu Reduce
kita bisa mengurangi pemakaiannya. Istilah ini dikenal dengan nama reduce(mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang,  semakin banyak sampah yang dihasilkan

Cara yang kedua yaitu Reuse
kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai). Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

Cara yang ketiga yaitu Recycle
kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle (mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.

Cara yang keempat yaitu Replace
kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang- barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.

Post a Comment for "Mengolah Sampah dengan 4R Lengkap"