Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menjelang Semester Toga (Skripsi)


Tak terasa sebentar lagi aku akan mulai 
sibuk dengan tugas skripsiku, semester toga akan segera tiba dan good bye semester yang penuh dengan canda, kali ini bukan lagi waktunya untuk aku main-main, apalagi penuh drama dengan memanjakan diri bermalas-malasan di tempat tidur sambil main handphone liat story wa, story ig sampai tangan pegel-pegel, STOP lakukan kebiasaan itu.  Saatnya membaca journal, mencari referensi, mencari sebuah permasalahan untuk mengajukan judul skripsi, waktunya konsultasi dengan dosen pembimbing dan nongkrong di perpustakaan deh.
Aku pun sebenarnya seperti di alam mimpi, ko ? ko secepat ini aku menjadi mahasiswa tingkat akhir ? padahal waktu bergerak sama tak pernah berubah walau hanya satu detik, mungkin karena aku yang masih belum siap berhadapan dengan laptop, journal dan sahabat lainnya yang berhubungan dengan skripsi, entahlah semoga aku dan teman-temanku bisa melewati masa ini, aamiin.
Terkadang skripsi sudah di depan mata, kita malah manja-manja, di barengi tegang, cemas, deg-degan, khawatir dan sebagainya yang membakar seisi jiwa hehe, tapi teman-teman semua tidak perlu khawatir, karena pada tulisanku kali ini, aku mau berbagi tips bagaimana caranya menghadapi skripsi, tips ini juga referensi dari salah satu dosen mata kuliah IPS di Kampus kecil nan sederhana, namun selalu memberikan cerita, termasuk cerita cinta hehe yaitu Kampus Tercinta Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Simak, baca lalu resapi yah ! apalagi buat teman-teman yang akan menuju sripsian.
1.      Mulai membaca journal/buku yang berhubungan dengan tema yang akan teman-teman jadikan sebagai judul skripsi. Nah, kesempatan inilah yang penting saat teman-teman baru saja memasuki semester 7. Mulailah mengurangi bacaan yang kurang penting seperti membaca novel dan kawan-kawannya.
2.      Mempersiapkan masalah yang teman-teman temui baik dari hasil bacaan, dari hasil temuan teman-teman, intinya masalah itu penting teman-teman miliki untuk di jadikan sebagai rencana penulisan skripsi, jika sudah menemukan permasalahan teman-teman bisa menuliskan beberapa judul untuk skripsi dan siap untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing.
3.      PDKT atau pendekatan adalah salahsatu cara yang harus teman-teman lakukan dengan dosen pembimbing, jadi ketika teman-teman sudah memiliki permasalahan dan judul , teman-teman bisa konsultasi mendekati dosen pembimbing skripsi untuk mempermudah dalam penentuan judul yang akan digunakan pada skripsi, inget loh PDKT ini berlangsung dalam jangka panjang loh, karena teman-teman akan dihadapkan dengan revisi yang tidak menutup kemungkinan dosen pembimbing terlibat  dalam  membantu teman-teman merevisi skipsinya.
4.      Mempersiapkan segala hal, saat judul skripsi teman-teman sudah di ACC dosen pembimbing, barulah teman-teman siap tempur mempersiapakan segala kebutuhan yang dibutuhkan, seperti kesehatan karena hal ini penting untuk dijaga, bahan atau sumber untuk menunjang skripsi baik itu jurnal, buku dan artikel ilmiah lainnya, keuangan pun perlu, laptop, printer, kertas ya intinya segala hal yang teman-teman butuhkan perlu disiapkan dari jauh-jauh hari.
5.   Hilangkan segala hal yang mengganggu konsentrasi dan pikiran teman-teman, misalnya di laptop masih tersedia film drama korea atau film favorit teman-teman, kalau bisa hapus saja semua film yang dapat mengganggu konsentrasi teman-teman dalam penyusunan skripsi. Hiburan pun memang penting, intinya selama film atau game tidak mengganggu dan menyita banyak waktu, saran aku lebih baik di hapus terlebih dahulu sampai skripsi teman-teman benar-benar selesai.
6.   Jangan lupa berdoa dan meminta kepada orangtua, karena doa sangat dibutuhkan dalam setiap langkah kehidupan.
7.      Berusaha terus tak mudah menyerah dan putus asa.
8. Kolaborasi dan jalin silaturahmi dengan sahabat di kampus, personil kampusseperti bagian akademik, dosen karena mereka pun bisa menjadi salahsatu motivasi dalam penyusunan skripsi.

Tasikmalaya, 2019
Tika Marwati

Post a Comment for "Tips Menjelang Semester Toga (Skripsi)"