Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Petuah Guru adalah Mutiara


Petuah guru adalah mutiara yang sangat dinanti oleh murid muridnya. Petuahnya bisa menjadi kekuatan yang bisa mencabut akar gunung dari tempatnya. Suatu malam kami memberanikan diri sekedar untuk sowan dan mendengarkan petuahnya dari salah seorang guru kami. Karena bagi kami Memandang seorang guru saja merupakan obat hati dari rasa gundah, seperti dalam kitab Lubabul Hadits dikatakan bahwa


Nabi SAW bersabda : "Barangsiapa memandang wajah orang alim dengan satu pandangan lalu ia merasa senang dengannya, maka Allah Ta'ala menciptakan malaikat dari pandangan itu dan memohonkan ampun kepadanya sampai hari kiamat." Banyak sekali petuah yang guru kami berikan, salah satunya beliau berkata :
Cacing bahagianya dimana? 
Saya pun berdiam, beliau langsung menjawabnya sendiri.

Cacing bahagia ketika berada di dalam tanah karena jika keluar maka ia akan di makan oleh ayam. 
Ikan bahagianya dimana? Ikan bahagianya di dalam air, karena jika keluar air ia akan mati. 
Burung bahagianya dimana? Apakah didalam sangkar yang banyak makanan tapi tidak dapat kesana kemari? Akan tetapi tidak, burung berbahagia jika lepas dan terbang d alam bebas.

Lalu dimana manusia itu bahagia? Apakah banyak harta? Dapat kedudukan dan jabatan yang mahsyur? Tidak, sekali kali mereka tidak bahagia ketika mendapat itu, mereka akan dibuat sibuk dengan mengurusi itu semua bahkan banyak yang lupa dengan asalnya sendiri dan lupa hendak akan kemana. Dimana manusia bahagia?? Saya pun terdiam. Beliau pun langsung bertanya lagi.

Apa itu agama Islam? Islam adalah menjalankan syariat yang dibawa junjungan kita Nabi Muhammad saw dengan anggauta dzahir (anggaauta badan) dan batin kita, dengan cara mengikuti apa yang dijalankannya dan menta’ati apa yang diperintahkannya.

Manusia akan bahagia jika ia menjalankan syariat yang telah ditetapkan, jika ia menjalankan syariat bagaimanapun keadaannya didunia ia akan bisa menghadapinya. Seperti contoh kecilnya Jika ia sedang dalam kesempitan akan senantiasa bersabar menghadapinya. Ketika dalam keadaan yang baik akan sentiasa bersyukur.


Beruntunglah bagi anda yang sekarang berkumpul dengan orang orang shaleh mempelajari agama, duduk bersama, karena nanti di hari kiamat jika Allah takdirkan diantara kita ada yang masuk surga maka insyaallah kita akan saling memberikan syafaat. Maka marilah kita berusaha menjalankan syariat agama Islam ini, semoga Allah menakdirkan kita berkumpul di SurgaNya kelak sebab segala sesuatu yang akan ditakdirkan maka allah akan mempermudahnya.. Aamiin..

Post a Comment for "Petuah Guru adalah Mutiara"