Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Insomnia


Penyebab insomnia ada beberapa hal termasuk stres, gaya hidup kurang sehat, atau ketergantungan pada obat-obatan yang mengandung kafein, nikotin, dan alkohol.

Buat kamu yang sering mengalami kondisi ini, sebaiknya segera melakukan langkah penanganan sebelum hal itu dapat mengganggumu lebih lanjut lagi. Salah satunya dengan mengonsumsi beberapa minuman yang bisa memancing rasa kantuk di malam hari.

Berikut ini lima minuman yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia:
1. Segelas Susu Hangat

Minum satu gelas susu hangat sekitar 1 jam sebelum waktu tidur sangat disarankan. Karena susu mengandung properti amino acid L-tryptophan yang dapat membuat istirahat menjadi lebih berkualitas, serta merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin.

2. Air Kelapa

Bukan hanya baik dikonsumsi setelah berolahraga, air kelapa juga baik diminum sebelum tidur malam. Kandungan magnesium dan mineral di dalam air kelapa dapat meredakan ketegangan otot dan membantu tubuh lebih rileks, sehingga mempercepat rasa kantuk.

3. Jus Ceri

Jus ceri mengandung antioksidan anthocyanin untuk menjaga tubuh dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Sementara itu beberapa jenis ceri juga mengandung melatonin tinggi yang dapat mengatasi insomnia. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu akan membuat seseorang bisa tidur 90 menit lebih lama daripada minum jus sebelum tidur.

4. Lemon Balm

Mengonsumsi teh herbal dengan kombinasi lemon balm dan valeruan dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Efek lemon balm bisa memberikan rasa rileks dan memperbaiki mood ketika bangun tidur.

5. Teh Lavender dan Chamomile

Menurut Marie Ruggles, seorang ahli diet mengatakan bahwa teh herbal kombinasi bunga chamomile dan lavender bisa membuat tidur lebih nyenyak. Chamomile sering dimanfaatkan sebagai obat penenang ringan karena mengandung efek flavonoid apigenin dan efek sedatif yang dapat menenangkan reseptor otak setelah seharian beraktivitas.

Caranya, 2 kantung teh chamomile diseduh di air hangat selama 8 menit. Kemudian, aduk teh dan 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Insomnia"