Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Terbebas dari Kebiasaan Merokok



Berikut ini 5 cara ampuh agar terbebas dari kebiasaan merokok:
1. Olahraga Ringan

Selain baik untuk kesehatan, melakukan olahraga ringan secara rutin seperti jogging akan membantu seseorang berhenti merokok secara total dan permanen. Olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran, serta meningkatkan energi dan menghilangkan stres akibat kecanduan rokok.

2. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fokus pada hal-hal lain dan membantu berpikir lebih baik untuk melawan dorongan merokok. Pendekatan melalui meditasi ini juga menjadi alternatif lain untuk mengalihkan pusat perhatian dari rokok.

3. Menyibukkan Diri

Selanjutnya adalah dengan membuat diri menjadi produktif dan sibuk. Cara ini sekaligus bisa membawa perubahan positif bagi produktivitas diri sehari-hari. Carilah sesuatu atau kegiatan yang bisa menyita perhatian, misalnya belajar memasak, mendaki gunung, bersepeda, bermain bola basket, atau rekreasi.

4. Ubah Pola Makan



Perubahan sederhana dalam makanan harian dapat membantu diri sendiri berhenti merokok. Bisa juga dengan menambahkan sayuran, kacang tanah, dan buah-buahan segar dalam hidangan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, makan atau ngemil bisa menggantikan perasaan memiliki sesuatu di mulut dan tangan.

5. Konsumsi Beberapa Suplemen

Jika buah-buahan dan sayuran tidak membantu, ada suplemen yang dapat membantu agar terhindar dari kebiasaan merokok. Glutathione dan 5-HTP adalah dua suplemen umum yang digunakan untuk mengobati efek penghentian nikotin. Suplemen 5-HTP menjaga keseimbangan serotonin dan mengurangi kecanduan nikotin, sementara glutathione berfungsi sebagai antioksidan dan menghilangkan racun dari tubuh.