Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ampuh Agar Tidak Flu

Kita semua pasti pernah terkena flu, kan? Duh, ketika flu, segalanya menjadi serba tidak nyaman. Mau makan tapi hilang nafsu makan, mau bekerja juga susah karena sakit kepala, pokoknya semua jadi serba tidak enak. Agar bisa terhindar dari sakit flu atau pilek, ini ada 5 cara aneh tetapi ampuh yang dilansir dari womansday.com yang bisa Anda lakukan.
1. Pakai Kaos Kaki Hangat
Kaki atau jari-jari kaki yang dingin akan mengirimkan sinyal ke otak Anda untuk "menghemat" panas tubuh Anda. Otak lalu merespon dengan mengirimkan pesan yang bisa mengurangi aliran darah ke bagian-bagian tubuh yang kekurangan panas dengan cepat. Aliran darah yang diperlambat atau dikurangi juga akan mengurangi aliran sel-sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi. Jadi, tubuh Anda akan lebih rentan terkena serangan virus. 

2. Nyalakan Televisi Selama 30 Menit
Menyalakan televisi selama 30 menit bisa mencegah Anda terkena flu. Menurut para peneliti di Pittsburght's Carnegie Mellon University, menonton televisi sekitar 30 menit bisa merilekskan pikiran dan menurunkan risiko Anda terkena penyakit sebesar 80 persen. Saat menonton televisi, hormon kortisol Anda akan meningkat dan membuat sistem imun Anda bekerja lebih baik mencegah virus

3. Membuat Kerajinan Tangan
Luangkan waktu setidaknya 20 menit untuk membuat kerajinan tangan atau melakukan hobi yang paling Anda sukai. Menjahit, membuat scrapbook, atau membuat patung bisa mengurangi tingkat stres Anda. Para ahli di Stony Brook's State University of New York di Long Island menyebutkan bahwa kegiatan itu bisa meningkatkan sistem imun hingga 76 persen. Alasannya adalah dengan melakukan kegiatan tersebut, tubuh kita bisa memproduksi sel-sel darah untuk melawan virus dan antibodi kita meningkat.

4. Tidur Lebih Lama
Para peneliti di Carnegie Mellon University menyebutkan bahwa tidur hingga 8 jam di malam hari bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit flu. Dr. Peeke menjelaskan, "Tidur yang nyenyak adalah waktu terbaik tubuh kita untuk membentuk antibodi yang bisa melawan infeksi dan interleukin--pencegah radang dan penyakit yang alami."

5. Berkumur dengan Air Garam
Campurkan air hangat dengan garam, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur dua kali sehari bisa mengurangi risiko seseorang terkena infeksi hingg 34 persen. Carrie Demers, MD, medical director di Total Health Center di Honesdale mengungkapkan bahwa, "Berkumur dengan larutan garam--antiseptik alami--bisa menghilangkan lendir penyakit dan virus-virus penyebab penyakit."