Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tiga Hal yang Membuat Hati Merasa Tenang



Manusia itu hidup diantara perbedaan, dari sanalah kita sebagai manusia harusnya belajar untuk saling, yaa saling dalam hal apapun itu dan selama  hal itu dalam zona positif. Tapi terkadang hampir sebagian besar manusia lupa akan perbedaan yang ada diantara satu dan lainnya.

Saya mau bercerita tentang diri saya sendiri yang sebenarnya jujur saja saya memang termasuk ke dalam orang yang gampang marah, sedikit-sedikit emosi, tapi saya tahu kapan saya harus mengeluarkan rasa itu. Saya merasa, ngga tahu hanya perasaan saya saja atau seperti apa, yang jelas saya sudah melakukan yang terbaik untuk orang lain, saya selalu mencoba mengahargai apapun yang disampaikan orang lain, saya selalu peduli, perhatian bahkan rela membagi tugas saya sama sahabat-sahabat saya di kampus selain itu saya pun selalu mencoba mengerti keadaan mereka, tapi tidak sebaliknya. Padahal di satu sisi terkadang saya pun ingin diperlakukan sama seperti apa yang saya lakukan terhadap orang lain,termasuk meraka. Tapi apalah daya , saya hanya manusia biasa tak bisa memaksakan kehendak dan keinginan mereka. 

Pernahkah sobat merasakan hal yang sama ? terlebih diperlakukan seperti itu sama orang yang paling dekat dengan kita “sahabat” misalnya ? lalu apa yang sobat lakukan, membencinya, menjauhinya ? ngga bisa kan ? meskipun memang sebenenrnya kesal. Beberapa hal yang harus dilakukan agar semua yang terjadi seolah tak pernah terjadi, bahkan lukapun tak akan terasa sakit jika kita melakukan hal ini. Mau tahu apa ? satu, kita sebagai manusia pada umumnya memang adalah mahluk sosial yang bergantung atau membutuhkan orang lain, tapi belajarlah mulai dari saat ini, ya detik ini juga kita mengurangi ketergantungan hidup dengan bantuan orang lain, apalagi jika kita sampai berharap kepada manusia lagi, itu menurutku kesalahan besar dan berakibat fatal pada psikis kita , ngga percaya ? silahkan untuk mencoba menggantung segalanya pada orang lain, saya yakin sobat yang sedang baca tulisan saya akan merasakan sakit jika berharap lebih pada seorang manusia yang sama sekali tidak ada apa-apa, loh kenapa sakit ? karena manusia itu memiliki kesibukan tersendiri ngga akan selamanya hadir untuk kita, ketika kita butuh meraka lalu mereka meremehkan bahkan mengacuhkan kita apa yang bisa diperbuat ? ngga ada hanya sesak dalam dada. Jadi stop berharap pada manusia termasuk sama sahabat. Kedua bersikaplah adil , kadang hidup itu seperti ini “manusia baik hanya pada orang baik dan sebaliknya”. Aneh juga termasuk saya sendiri yang tak pernah bisa adil pada orang lain, padahal meraka sama, orang yang saya anggap baik ternyata dibelakang membicarakan, orang saya anggap teman dekat ternyata ketika saya butuh tidak dipeduilkan, orang yang saya anggap pengertian ternyata diam-diam menusuk, orang yang selalu saya anggap perhatian, empati ternyata dibelakang ingin menang sendiri. Disaat sedang butuh bukannya membantu malah diam saja, malah dibiarkan tersesat, malah perhitungan dan saya masih bersikap baik kepada mereka, sedangkan orang yang saya anggap cuek ternyata diam-diam perhatian, orang yang saya anggap musuh ternyata berhati lembut dan anehnya saya ngga pernah respect sama meraka, harusnya saya harus adil tak boleh memberikan kebaikan dengan timbangan yang berat sebelah , jadi mulailah belajar dari hari ini untuk mengurangi rasa peduli kita terhadap orang lain, pikirkan saja dulu kebaikan untuk diri kita sendiri. Ketiga ikhlasin saja. Jadi setelah kalian merasa tersakiti, merasa tak dihargai, atau apapun itu ingat point ketiga ikhlaskan saja dan maafkan, karena ketika hati ikhlas menerima apa yang sudah mereka lakukan, maka menurut saya kita ngga akan pernah merasa pusing, sakit hati, bahkan kesal. Jadi kalau ada orang yang sama sekali ngga menghargai usap dada kita lalu berkatalah “sabar wahai jiwa”.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tika Marwati
Mei 2019

Post a Comment for "Tiga Hal yang Membuat Hati Merasa Tenang"