Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Rusaknya Fungsi Otak

Tumbuh kembang otak dapat dipengaruhi melalui pendidikan secara efeksi dan emosi. Sejak usia dini otak harus diberi rangsangan seiring dengan pertambahan usia. Stimulan untuk otak kiri dapat dilakukan dengan melatih bahasa, logika, matematika, membaca atau menulis. Sebaliknya, otak kanan berhubungan dengan imajinasi, emosi dan interpersonal.
Berikut penyebab rusaknya otak yang perlu anda telaah lebih lanjut :
Tidak sarapan 
Sarapan yang menyehatkan seharusnya membuat tubuh mendapat pasokan glukosa yang cukup dan melalui darah, glukosa dialirkan ke otak sehingga otak dapat bekerja optimal. Pasokan gula darah yang tidak beraturan, bisa menyebabkan rusaknya otak kita yang ditandai dengan hal2 simple seperti : sering mengantuk, menguap dan pelupa semua itu tandanya otak anda lemah.
Makanan berlebih 
Makan yang berlebihan akan membuat glukosa berubah menjadi lemak jenuh yang akan membebani pembuluh darah otak dan dapat melemahkan kerja otak kerena kurang menadapat oksigen dan glukosa yang segar.
Rokok 
Rokok & asap rokok mengakibatkan sel-sel otak terbakar dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.
Penggunaan gula yang berlebih 
Mengkonsumsi gula buatan (gula pasir,gula merah, madu) secara berlebihan dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi, sehingga otak tidak berkembang dengan sehat.
Polusi udara 
Otak adalah pengguna oksigen terbesar dalam badan manusia. Polusi udara menyebabkan pengurangan bekal oksigen ke otak dan keaktifan otak.
Tidur berlebihan 
Tidur sangat baik untuk mengistirahatkan kerja otak, namun bila berlebihan ( dengan masa tidur yang panjang) dapat menyebabkan sel-sel otak mati, terutama jika kita tidur dalam keadaan menutup muka, maka otak lebih banyak menerima karbondioksida dan akan merusak otak.
Jarang berpikir 
Jarang berpikir berarti jarang menggunakan otak, maka akan melemahkan kemampuan otak karena otak tidak berkembang ( tidak bekerja dengan optimal) dan dapat menyebabkan kebodohan.

Post a Comment for "Penyebab Rusaknya Fungsi Otak"