Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Neraca, Laporan Laba Rugi dan Laporan Keuangan Lengkap


Neraca, Laporan Laba Rugi dan Laporan Keuangan – Sering dijumpai seseorang terkecoh dalam membuat neraca dan laporan laba rugi dalam laporan keuangan. Hal ini, disebabkan kedua hal tersebut belum dipahami dengan benar. Untuk memahaminya, hal yang paling pertama perlu diketahui adalah pengertian dari laporan keuangan itu sendiri.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan laporan yang menyajikan informasi mengenai keuangan perusahaan yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan. Sutrisno (2008, Hlm. 9) menjelaskan bahwa, “Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi yang meliputi dua laporan utama, yakni: 1) Neraca, dan 2) Laporan Laba Rugi”. Definisi lain dinyatakan oleh Baridwan (2004, Hlm. 17) bahwa, “laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari taransaksi – transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan”. Adapun menurut  Ringkasan ini terdiri dari beberapa bagian yang menurut Ikatan Akuntan Indonesia dalam Standar Akuntansi Keuangan (2007, Hlm. 2) meliputi,
neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas (yang dapat disajikan dalam berbagai cara, seperti misalnya sebagai laporan arus kas atau laporan arus dana) dan catatan atas laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.
Selanjutnya, dalam laporan keuangan, terdapat beberapa pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak tersebut dibagi ke dalam dua bagian, yakni: 1) Pihak Internal dan 2) Pihak Eksternal. Pihak Internal meliputi: Pemilik perusahan dan manajer. Sedangkan pihak eksternal terdiri dari pemerintah, kreditor, dan pemegang saham/investor.

Pengertian Neraca

Beberapa ahli menjelaskan pengertian neraca, diantaranya:
  • Harapan (2009, Hlm. 107) menjelaskan bahwa neraca atau daftar neraca disebut juga laporan posisi keuangan perusahaan;
  • Djarwanto (2004, Hlm. 20) mendefinisikan neraca adalah yang sistematis tentang aktiva (asset), utang (liabilities) dan modal sendiri (owners equity) dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu;
Dari kedua definisi itu, secara dapat disimpulkan, secara sederhana Neraca merupakan laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai posisi keuangan suatu perusahaan.
Dalam contoh tersebut dapat ditemukan beebrapa komponen sebagai berikut:

1. Aktiva

Aktiva merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan. Aktiva terdiri dari:
  • Aktiva lancar
Aktiva lancar merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang likuid/mudah dicairkan, seperti kas, piutang, persediaan
  • Aktiva tetap
Aktiva tetap merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang masa manfaatnya lebih dari 1 tahun. Seperti tanah, bangunan, kendaraan
  • Aktiva tidak berwujud
Aktiva tidak berwujud merupakan aktiva yang tidak memiliki wujud tapi memiliki manfaat yang besar. Seperti hak paten, merk, goodwill.

2. Pasiva

Pasiva merupakan kewajiban yang dimiliki perusahaan yang harus dibayarkan di masa yang akan datang. Komponen dari pasiva tediri dari dua, yakni:
  • Kewajiban / utang merupakan kewajiban yang dimiliki perusahaan kepada pihak lain atas transaksi di masa lalu. Kewajiban terdiri dari dua, yakni:
·         Kewajiban lancar
·         Kewajiban jangka panjang
  • Modal. Modal merupakan hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi dengan kewajiban)

Pengertian Laporan Laba Rugi

Pengertian dari Laporan Laba Rugi yakni Laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai ukuran keberhasilan perusahaan pada suatu periode tertentu. Ukurannya apakan laba ataukah rugi. Berikut ini contoh format Laporan Laba Rugi
Adapun komponen dari laporan laba rugi terdiri dari dua, yakni:

1. Pendapatan

Merupakan arus masuk yang dapat meningkatkan aktiva / kekayaan perusahaan. Seperti, pendapatan jasa, dan lain lain.

2. Beban

Merupakan arus keluar yang dapat menurunkan aktiva / kekayaan perusahaan. Seperti, beban gaji karyawan, dan lain lain.

Post a Comment for "Pengertian Neraca, Laporan Laba Rugi dan Laporan Keuangan Lengkap"