Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling


Setiap orang pasti memiliki masalah yang juga memelukan suatu layanan untuk membantu memecahkan masalahnya tersebut, dalam program Bimbingan dan Konseling di sekolah ada layanan dasar yang diperuntukkan untuk membantu peserta didik dalam memecahkan masalahnya dan membantu memfasilitasi peserta didik agar mampu mengembangkan pemahaman, serta agar peserta didik mampu menciptakan lingkungan sekolah yang baik agar peserta didik bisa mengembangkan kemampuannya secara baik dan optimal.
Adapun tujuan dari layanan dasar ini adalah membantu siswa mengenali  diri dan lingkungannya baik tentang sosial budaya, pekerjaan, pendidikan, dan agama. Membentuk keterampilan agar guru bimbingan konseling dapat mengidentifikasi potensi yang ada dalam diri peserta didik sehingga mampu menyesuaikan pengembangan diri sesuai dengan potensi yang dimilikinya, mampu mengatasi atau menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh dirinya dan bertanggung jawab atas berbagai tindakan atau keputusan yang diambil, mampu mengembangkan dirinya untuk mencapai tujuan hidupnya.
Untuk mencapai tujuan dari layanan dasar tersebut, ada beberapa materi yang akan diberikan oleh guru bimbingan dan konseling yang menyangkut masalah dirinya, sosial, belajar dan karirnya. Beberapa materi yang diberikan seperti : memberikan motivasi dalam berprestasi, keterampilan dalam mengambil keputusan, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan pribadi dan cara berkomunikasi, penyadaran keragaman budaya, juga perilaku yang bertanggung jawab. Adapun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut seperti bimbingan kelas, maksudnya guru bimbingan dan konseling memberikan layanannya kepada seluruh peserta didik sesuai dengan jadwaal yang ditentukan. Pelayanan orientasi, pelayanan ini diberikan agar peserta didik dapat memahami dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru terutama sekolah agar memperlancar perannya dalam lingkungan baru tersebut. Pelayanan informasi, maksudnya guru bimbingan dan konseling memberikan informasi kepada peserta didik  tentang berbagai hal yang dirasa penting dan bermanfaat bagi peserta didik. Bimbingan kelompok, jadi konselor memberikan bimbingan kepada peserta didik bisa dari 5-10 orang  untuk merespon kebutuhan dan minat para peserta didik dengan topik yang berupa masalah umum seperti cara belajar yang efektif, mengelola stress, dll.

Post a Comment for "Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling"