Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Untuk Apa Sih Kuliah ?




Untuk Apa Sih Kuliah ? Jika Hanya Diam dan Manggut-Manggut Saja

Hai apa kabar sobat semua ? pada tulisan aku kali ini, aku mau sedikit berbagi tentang betapa pentingnya mencari ilmu diluar pembelajaran.
Kuliah ? Apa sih yang sobat-sobat pikirkan tentang kuliah ? rasanya seperti apa sih kuliah ? ribet ngga sih kuliah ? cape atau gimana gitu ?
Aku yakin hampir sebagian orang dibelahan bumi manapun berpikir bahwa mencari ilmu menjadi bagian yang tak kalah penting dengan mencari jodoh hehe ...
Kuliah ? kuliah sama ko dengan sekolah, ngga ada bedanya hanya nama dan aturan saja yang membedakan, jika kita telah melewati masa pendidikan dasar sampai menengah atas jelas hal yang melekat dan selalu diingat sampai sekarang adalah aturan masuk yang serempak dan konsisten dan seragam sekolah yang digunakan, beda dengan kuliah. Kuliah bukan lagi zamannya SD, SMP dan SMA  yang terikat aturan seperti itu. Kuliah itu bebas, kuliah itu hanya tergantung dengan jadwal mata kuliah ngga perlu pakai seragam yang sama. 



Tapi perlu sobat ketahui, jika kuliah didalam ruangan hanya diam, melamun, main game, tiduran bahkan hanya sekedar duduk manis mendengarkan teman presentasi tanpa sedikitpun berpikir Cuma manggut-amnggut saja, ya apa bedanya sama anak SD yang duduk manis dan mendengarkan gurunya ceramah. Maka dari itu sobat harus mampu menempatkan diri.
Pada saat sobat menyandang status mahasiswa itu artinya sobat sedang menjalankan pendidikan diperguruan tinggi, pernah ngga sih merasakan hal yang seperti apa yang aku rasa, kadang kalau aku kuliah didalam kelas, terelebih dosennya ngga hadir aku merasa males gitu dan bosen saat terus menerus duduk manis mendengarkan presentasi, dilanjut diskusi setelah itu udah selesai, setiap hari seperti itu selalu begitu ngga pernah ada nuansa yang berbeda didalam kelas itu bahkan merasa seperti anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

Setiap satu mata kuliah biasanya terdiri dari dua SKS atau 3 SKS, kebayang ngga sih setiap satu SKS nya 50 menit dan aku didalam kelas hanya manggut-manggut aja soalnya dalam setiap pertemuan selalu seperti itu. Oh iya SKS itu adalah kepanjangan dari satuan kredit semester. Meskipun aku itu salahsatu orang yang aktif di kelas namun jika dalam setiap pertemuan pembelajarannya selalu seperti itu, rasanya membosankan. Bahkan menurutku ada yang lebih menarik daripada pembelajaran yang dibatasi dinding ini, mau tau ngga pembelajaran seperti apa ?



Jika kita hanya mengandalkan pembelajaran dua-tiga SKS menurutku itu ngga cukup, dan ngga menarik, pembelajaran diluar jam pembelajaran itu justru lebih asyik dan santai, mahasiswa itu harus beda dari siswa, jadi ngga perlu lah hanya mengandalkan pembelajaran formal dalam ruang kelas. Kajian, diskusi itu menurutku lebih menyenangkan dan cocok untuk mengisi kekosangan setelah jam pembelajaran. Jika sobat yang baca tulisan ini ngga percaya, coba aja dulu.

Tasikmalaya, Maret 2019

Post a Comment for "Untuk Apa Sih Kuliah ?"