Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Asesmen

Asesmen merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Asesmen dilaksanakan untuk melihat proses dan produk hasil belajar. Asesmen menentukan output   pembelajaran yang dilaksanakan (Uno dan  Koni, 2013)
Menurut Suryana ( 2013 ) Perkembangan anak harus mendapatkan pemantauan dari orang dewasa, khususnya dilakukan oleh seorang guru atau pihak sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengetahui tingkat pencapaian perkembangan.
Assesmen berasal dari istilah bahasa Inggris, yaitu Assesment, namun istilah assesment sudah ditetapkan menjadi istilah dalam bahasa Indonesia, yaitu asesmen. Asesmen menurut Morrison ( 2007 ). Assesment is prosess of collecting information about children’s development, learning, healting, behavior, academic proses, need for special services and attainment in order to make decisions. Assesmen adalah proses pengumpulan informasi tentang perkembangan, pembelajaran, kesehatan, perilaku, perkembangan akademik, pelayanan kebutuhan anak, dan pencapaian mengambil keputusan pemberian tindakan. 
Menurut Suryana ( 2013 ) Penilaian (Assesment ) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan berbagai alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau pencapaian kompetensi dari  rangkaian kemampuan peserta didik.

Post a Comment for "Pengertian Asesmen"