Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ketergantungan Akibat Obat Berlebihan




Ketergantungan Obat (Drug Dependence) adalah suatu keadaan psikis/kejiwaan dan kadang-kadang juga badaniah/jasmaniah yang diakibatkannya oleh interaksi antara organisme hidup seperti manusia dan suatu obat, yang ditandai secara khas oleh kelainan-kelainan dibidang tingkah laku yang selalu meliputi kompulsi atau (dorongan/kehendak yang tidak mampu dihambat) untuk memakai obat itu secara terus menerus.

Ketergantungan fisik/jasmaniah (physical dependence) yaitu suatu keadaan yang ditandai oleh gangguan jasmaniah yang hebat apabila pemberian suatu obat dihentikan, keadaan ini muncul sebagai hasil penyesuaian diri terhadap adanya obat dalam tubuh secara terus menerus dalam jangka waktunya yang cukup lama. Gangguan kelainan yang timbul disebut sidroma abstinentia atau keadaan lepas obat, dan bersifat spesifik untuk masing-masing jenis obatnya. Keadaan ini bisa juga meliputi kelainan psikis.

Ketergantungan psikis/psikologi (psychic dependence) yaitu suatu kondisi dimana suatu obat menimbulkan perasaan puas dan nikmat sehingga mendorong seseorang untuk memakainya kembali secara terus menerus atau secara berkala, sehingga diperoleh kesenangan/kepuasan dapat dihindarkan perasaan yang tidak enak kalau obat itu tidak ada.

Post a Comment for "Ketergantungan Akibat Obat Berlebihan"