Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menulis Puisi bagi Pemula dalam 10 Menit

Berbagi Tips
Oleh, Tika Marwati



Baiklah teman-teman, untuk kali ini, aku mau berbagi tips menarik bagaimana caranya agar kita bisa menulis sebuah puisi dalam waktu 10 menit. Khusunya bagi kita yang pemula dalam hal tulis menulis puisi. 
Perlu kita sadari bahwa puisi adalah hal yang selalu berhubungan dengan pengalaman yang sudah, belum, akan kita lewati, biasanya berisi curahan hati. Namun menurutku puisi bukan hanya ungkapan isi hati saja, akan tetapi dalam menulis puisi juga perlu ada makna yang terkandung didalamnya agar pembaca mengerti maksud dari puisi tersebut. 
Perhatikan urutan dibawah ini, jangan sampai tertukar atau terlewati.

1. Adanya Keinginan 
Keinginan disini akan menentukan puisi teman-teman yang akan ditulis, keinginan tersebut bisa timbul oleh diri sendiri ataupun karena tuntutan misalnya tugas sekolah atau perlombaan menulis puisi dan lain sebagainya. Sehingga teman-teman memiliki keinginan untuk menulisnya. Setelah teman-teman memiliki keinginan tersebut barulah teman-teman fokus untuk melanjutkan tahap kedua.

2. Menentukan Tema
Hal kedua setelah poin pertama yang perlu teman-teman lakukan adalah menentukan tema untuk menulis puisi (misalnya : saya ambil tema lautan ). Tema jangan terlalu universal khusunya bagi teman-teman yang pemula. Setelah tema ditentukan barulah teman-teman mengingat dan merenung apa saja yang ada dilautan (Ini sebagai contoh).

3. Menulis Satu Kata Sesuai Tema
Hal ketiga setelah point kedua teman-teman harus menuliskan satu kata pada setiap barisnya yang sudah teman-teman renungkan dan diingat. Misalnya teman-teman akan menulis puisi sebanyak 1 bait, maka yang harus teman-teman siapkan adalah menulis sebanyak 4 kata pada setiap baris (Misalnya, tema yang saya ambil lautan)
Pada baris pertam, kedua, ketiga dan keempat saya menulis
Angin
Ombak
Karang
Biru
Empat kata tersebut ditulis berdasarkan keinginan hati dan pikiran teman-teman. INGAT JANGAN NENGOK TEMAN KIRI KANAN ! Selanjutnya setelah mendapatkan empat kata tersebut teman-teman konsentrasi.

4. Menambahkan Kata pada setiap Baris
Hal keempat setelah point ketiga teman-teman menambahkan kata pada setiap baris agar setiap barisnya menjadi satu kalimat lengkap. Berhubung baris pertama sampai keempat tadi belum jelas maka teman-teman harus pandai dalam memilih dan memilah kata untuk melengkapi kata pada setiap barisnya.
Misalnya :
Angin sepoi memeluk tubuhku mesra
Ombak berkejaran dengan arah sama
Karang di lauatan kuat seperti baja
Birunya langit membuatku terpesona
Nah setelah kata yang disusun menjadi kalimat ini lengkap, teman-teman harus membacanya terlebih dahulu. Ini belum selesai loh hehe .

5. Mengurutkan Setiap Baris Puisi
Hal kelima setelah point keempat teman-teman  tinggal mengurutkan setiap baris pada bait puisi sesuai dengan kecocokan dan makna yang terkandung pada setiap barisnya, misalnya baris pertama menjadi baris ketiga, baris ke empat menjadi baris kesatu  dan seterusnya sampai teman-teman merasa puisi ini sudah selesai.
Misal
Birunya langit membuatku terpesona
Ombak berkejaran dengan arah sama
Angin sepoi memeluk tubuhku mesra
Karang di lauatan kuat seperti baja.

6. Menentukan Judul
Tahap pamungkas yaitu menentuka judul, jadi setelah teman-teman dengan tahap 1-5, baru lah teman-teman menentukan judul, kenapa judul di tahap akhir, karena judul itu bisa diganti dan dirubah.
Namun sebelumnya, tulisan ini berdasarkan pengalaman aku saja, jika teman-teman memiliki ide lain atau cara lain yang lebih mudah silahkan teman-teman gunakan yang biasa digunakan. Namun jika teman-teman penasaran dengan tips yang aku berikan, coba setelah teman-teman baca tulisan ini, teman-teman langsung mengambil kertas dan pulpen lalu aku ucapkan selamat mencoba 😊

Post a Comment for "Tips Menulis Puisi bagi Pemula dalam 10 Menit"