Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layanan Perencanaan Individual Bimbingan dan Konseling

Layanan perencanaan individual dalam bimbingan dan konseling, bahwa perencanaan individual dapat diartikan sebagai suatu bantuan atau bimbingan yang diberikan kepada peserta didik agar mampu melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depannya berdasarkan pada pemahaman akan kelebihan dan kekurangan diri peserta didik tersebut, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya. Layanan perencanaan individual bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk merencanakan, mengawasi, mengelola rencana pendidikan, karir, dan pengembangan sosial-pribadi oleh dirinya sendiri. Isi layanan perencanaan individual adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan peserta didik untuk memahami tentang perkembangan dirinya. Pelayanan yang diberikan ini bersifat individual karena didasarkan atas perencanaan, tujuan dan keputusan yang ditentukan oleh masing-masing peserta didik. Melalui pelayanan perencanaan individual, diharapkan peserta didik dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan lanjutan sesuai dengan bakat dan minatnya yang didasarkan atas pengetahuan akan dirinya, informasi tentang Sekolah, dunia kerja, dan masyarakatnya, merencanakan karir, dan mengembangkan kemampuan sosial-pribadi, menganalisis kekuatan dan kelemahan dirinya, dan mengukur tingkat pencapaian tujuan dirinya, serta mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan dirinya.
Fokus pelayanan perencanaan individual berkaitan dengan pengembangan aspek akademik, karir, dan sosial-pribadi. Pertama, pengembangan aspek akademik yang meliputi memanfaatkan keterampilan belajar, melakukan pemilihan pendidikan lanjutan, memilih kursus atau pelajaran tambahan yang tepat, dan memahami nilai belajar sepanjang hayat. Kedua, pengembangan aspek karir meliputi mengeksplorasi peluang-peluang karir, mengeksplorasi latihan-latihan pekerjaan, memahami kebutuhan untuk kebiasaan bekerja yang positif. Ketiga, pengembangan aspek sosial-pribadi meliputi pengembangan konsep diri yang positif, dan pengembangan keterampilan sosial yang efektif. Konselor membantu peserta didik menganalisis kekuatan dan kelemahan dirinya berdasarkan pada data atau informasi yang diperoleh yang menyangkut pencapaian tugas perkembangan, atau aspek-aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Melalui kegiatan penilaian diri ini, maka peserta didik akan memiliki pemahaman, penerimaan, dan pengarahan dirinya secara positif.
Selain itu, pelayanan perencanaan individual ini dapat dilakukan juga melalui pelayanan penempatan yaitu penjurusan dan penyaluran,  yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menempati posisi yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Dalam hal ini, Konseli menggunakan informasi tentang pribadi, sosial, pendidikan dan karir yang diperolehnya untuk merumuskan tujuan, dan merencanakan kegiatan yang menunjang pengembangan dirinya, atau kegiatan yang berfungsi untuk memperbaiki kelemahan dirinya, melakukan kegiatan yang sesuai dengan tujuan atau perencanaan yang telah ditetapkan, dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukannya.