Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tujuan dan Peran Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar


Tujuan pembelajaran matematika di sekolah mengacu kepada fungsi matematika serta kepada tujuan pendidikan nasional, bahwa tujuan umum diberikannya matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi dua hal, yaitu :
a.       Mempersiapkan siswa agar sanggup mengahdapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien.
b.      Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Menurut kurikulum (1994 ; 111) bahwa,
Tujuan umum diberikannya pembelajaran matematika di Sekolah Dasar adalah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efektif.


Sedangkan dalam KTSP (BNSP, 2006; 21) diungkapkan bahwa mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a.       Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
b.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
c.       Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d.      Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain yang memperjelas keadaan atau masalah
e.       Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika sangat bermanfaat untuk proses berpikir siswa dalam menghadapi permasalahan baik itu dalam bersikap, bersaing, maupun dalam menghadapi berbagai persoalan.

2.      Peran Matematika Sekolah
Peran matematika sekolah sesuai dengan tujuan umum diberikan matematika di sekolah yang telah diuraikan di atas, yaitu penataan sikap nalar dan pembentukan sikap siswa, sehingga matematika sekolah memegang peranan yang sangat penting.
Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika (2001 : 2007) menjelaskan “Para pelajar memerlukan matematika untuk memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menghitung, misalnya menghitung isi dan berat, mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dapat menggunakan kalkulator dan computer”.
Dalam hal ini, siswa harus mampu mengikuti pelajran matematika lebih lanjut, dengan tujuan untuk membantu memahami bidang studi lain seperti : fisika, kimia, arsitektur, farmasi, geografi, ekonomi, dan sebagainya, agar para siswa dapat berpikir logis, kritis, dan praktis, serta bersifat positif dan kreatif.

Dari uraian di atas jelas, bahwa matematika sekolah mempunyai peranan sangat penting bagi para siswa agar punya bekal pengetahuan dan untuk pembentukan sikap serta pola pikirnya, sehingga warga negara  pada umumnya dapat hidup layak.

Post a Comment for "Tujuan dan Peran Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar"