Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Kognitif


Pengertian Kognitif

Kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengertian (pengetahuan), yaitu semua proses psikologi  yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikiran lingkungannya.
Menurut Piaget (dalam Amin,  2007 : 79) ‘kognitif individu tidak lain dari yang disebut struktur kognitif. Struktur kognitif adalah segala pengalaman individu sejak lahir yang membentuk kerangka fikirannya’. Jadi struktur kognitif merupakan penglaman individu. Suatu pengalaman biasanya membawa dampak pada hal-hal yang akan terjadi selanjutnya.
Sedangkan Desmita (2006 : 103) mengungkapkan pengertian kognitif sebagai berikut :

    Kognitif merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh psikolog untuk    menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persrepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah dan merencanakan masa depan, atau semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari, memperhatiakan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai dan memikirkan lingkungan

Istilah lain dari kognitif adalah kognisi, beberapa ahli telah mengemukakan definisi kognisi tersebut.
Menurut Scheerer (dalam Sarlito,  2005 : 85) ‘kognisi adalah proses sentral yang menghubungkan peristiwa-peristiwa di luar (eksternal) dan di dalam (internal) diri sendiri’.
 Festinger (dalam Sarlito,  : 2005 : 85) berpendapat bahwa ‘kognisi adalah elemen-elemen kognitif, yaitu hal-hal yang diketahui oleh seseorang tentang dirinnya sendiri, tentang tingkah lakunya, dan tentang keadaan di sekitarnya’
Neiser (dalam Sarlito, 2005 : 85) ‘kognisi adalah proses yang mengubah, mereduksi, memperinci, menyimpan, mengungkapkan, dan memakai setiap masukan (input) yang datng dari alat indra’.
Menurut Meyer dalam Desmita (2006:103). Cognition refers to all the mental activities associated with thinking, knowing, and remembering sedangkan dalam kamus psikolog karya Chaplin (dalam Desmita,  2006 :103) menjelaskan bahwa ‘kognisi adalah konsep umum yang mencakup semua bentuk pengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga, dan menilai’.

Dari beberapa uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kognitif merupakan istilah yang digunakan yang merujuk  pada semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan sesorang memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah dan meprediksikan masa depannya.

Post a Comment for "Pengertian Kognitif"