Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jika Hidup Kita Ingin Bahagia Lakukanlah 4 hal ini


Setiap manusia memiliki cerita masing masing dalam kehidupannya. Hidup itu tidak selamanya berjalan mulus, karena hidup ini bukan dunia dongeng yang bagian akhir cerita selalu manis, tapi ini dunia nyata yang setiap kisah tidak selalu indah. 

Lihatlah  jalan, banyak sekali hambatan untuk kita melewatinya, entah itu debu jalanan, batu kerikil, semak berduri, tikungan, tanjakan, pohon tumbang dan banyak hal lainnya yang  jelas perlu adanya perjuangan, namun di balik segala lika liku kehidupan, terkadang kita memerlukan semua itu, kita perlu batu kerikil agar kita dapat berhati hati, perlu tanjakan agar kita berfikir, perlu semak berduri agar kita selalu waspada, perlu masalah agar kita tahu bahwa sebenarnya kita mempunyai kekuatan, perlu pengorbanan agar kita tahu cara bekerja keras, perlu juga air mata agar kita tahu cara merendahkan hati, perlu menerima segala bentuk hinaan agar kita tahu cara menghargai, perlu senyum dan sedih agar kita bisa bersyukur, perlu orang lain agar kita tidak merasa sendiri. Yaa begitulah hidup, tidak pernah terlepas dari masalah, perjuangan dan pengorbanan.

Sebenarnya hal tersebut bisa terasa ringan ketika kita selalu sabar dan tersenyum. Meski setiap manusia membawa cerita masing masing dalam hidupnya entah itu suka, duka, bahagia, atau bahkan sedih. Menurut saya jika kita ingin hidup bahagia, maka lakukan empat hal ini : syukuri, hargai, maknai, dan nikmati.

Bagaimana bisa kita bahagia jika kita tidak pernah bersyukur, sekecil apapun nikmatmu bersyukur adalah hal yang harus di laksanakan dalam hidup, namun sepertinya hal kecil ini selalu di sepelekan oleh sebagian besar orang, bahkan terlupakan. Bersyukur itu sangat sederhana ko, namun aplikasinya yang memang sulit, maka dari itu belajar dan lakukanlah sekarang  juga jika hidup kamu ingin bahagia. Tidak perlu menunggu kamu mendapatkan rezeki melimpah baru kamu bersyukur, namun setiap hari bahkan setiap detik kita perlu untuk mensyukuri hidup, apalagi jika kamu masih di berikan nikmat sehat dan segala kesempatan. 

Jangan lupa hargai hidupmu. Ketika kamu ingin bahagia dalam hidupmu, maka kamu harus menghargai hidupmu sendiri, entah itu senang, susah, tawa, duka kamu tetap harus menghargai hidupmu. Kebahagiaan tidak akan pernah menghampiri, ketika kamu masih menggeretu menyesali garis takdir yang telah menelan hidupmu, apapun yang terjadi dalam kehidupanmu, kamu harus selalu hargai. Menunggu orang lain untuk menghargai hidupmu? Mustahil, jangan berharap ada orang yang akan menghargai hidupmu ketika kamu sendiri masih belum menghargai hidupmu.

Hidup itu perlu juga untuk dimaknai, sampai kapanpun kamu tidak akan pernah bahagia jika kamu sampai saat ini belum bisa memaknai hidupmu sendiri. oranglain tidak akan mampu untuk mendefinisikan, mengartikan apalagi memaknai hidupmu, maka dari itu memaknai hidup sangat di butuhkan agar kamu merasa lebih enjoy melewati hari harimu. Setiap manusia memang memiliki cara sendiri untuk memaknai kehidupannya, jadi kamu tak perlu menginginkan hidupmu sama seperti orang lain, aku yakin jika hal itu masih membelenggu dalam jiwamu, kamu tidak akan pernah menemukan kebahagiaan dalam hidupmu.

Terakhir yang perlu kita lakukan adalah, nikmati. Kamu pusing dengan masalah hidup yang datang silih berganti, tak perlu cemas, apalagi putus asa, yang perlu kamu lakukan adalah nikmati hidupmu dengan caramu sendiri, seberat apapun beban hidupmu ketika kamu mampu menikmatinya, hidupmu pasti bahagia. Percayalah.



Terimakasih ya sahabatku. Semoga tulisan ini mampu di aplikasikan dalam hidupmu. Tak perlu kamu menengok kanan, kiri, dan belakang, tapi berjalanlah terus ke depan, jangan berharap hidupmu bisa seperti orang lain, karena hidupmu selamanya akan menjadi bagian dari hidupmu, tidak untuk oranglain. Coba deh mulai sekarang kita syukuri, hargai, maknai dan nikmati hidup ini. 


By : Tika Marwati

 

Post a Comment for "Jika Hidup Kita Ingin Bahagia Lakukanlah 4 hal ini"